BANNER

Create your own banner at mybannermaker.com!

Selasa, 04 Mei 2010

Interview naturaleus(bengkulu)


Ini band berasal dari scene kota bengkulu yang mana band ini tetap mencoba eksis meski kultur underground disana hampir hilang akibat marak nya genre power pop yang mewabah tapi tidak berpengaruh bagi mereka...
1.ceritakan tentang awal terbentuk nya band ini?
setelah band lama saya (LIANG) sempat vakum beberapa tahun, saya memutuskan untuk membentuk NATURALEUS sekitar pertengahan akhir 2006, band ini sebenarnya saya arahkan ke atmosfer black/pagan metal namun faktor player yg ada membuat band ini masih cenderung bereksplorasi ke melodic death/black, belum mencapai karakter yang tetap sesuai dengan yg diinginkan seperti yang dirasakan saat bersama band terdahulu.

2.band2 apa yang membuet kalian menjadi terinspirasi dalam membentuk band ini?
kalo mengenai band yg menjadi inspirasi untuk membentuk band ini, sepertinya tidak ada atau sebaliknya sangat banyak, karena band ini dibentuk sebagai mesin untuk tetap meramaikan warna dari sisa scene metal di kota kami yang bisa dibilang sdg sangat sekarat. Mayhem, Darkthrone, Isengard, Satyricon, DRY merupakan energi utama untuk bernafas dibalik band ini, sementara Graveworm, Kalmah dll sebagai kecenderungan dalam musikalitas dr faktor player tsb..

3.apakah kalian tekah memiliki album atau demo lagu?
Naturaleus belum mempunyai album / demo, ya itu td dikarenakan faktor player yg tidak pernah tetap dan selalu berganti. Beberapa kali mencoba untuk menggarap demo dari konsep yang telah ada tp masih nihil, namun saat ini sudah ada beberapa player yang siap membantu dan kami sedang mencoba menggarapnya, kalo tidak ada kendala mungkin dalam 2,3 bulan ini sudah ada beberapa yg tuntas digarap.

4.apa yang mem buat band few naturaleus dangan naturaleus berbeda meski di dalam satu atap?
Naturaleus adalah band, dan ini adalah kendaraan untuk tetap eksis meramaikan scene sekarat di kota kami, Sementara Fews Naturaleus bukanlah sebuah band. Ketidakpuasan terhadap imajinasi gelap yang tidak tersalurkan di band membuat saya mencoba untuk mengerjakannya sendiri dengan fasilitas dan media minim yg ada dihadapan saya. Filosofi Tak ada Rotan Akarpun jadi ato bahasa filosofinya "DIY" adalah pondasi saya untuk tidak mati membusuk dalam ketergantungan terhadap individu2 lain.
5.dalam menyipatakan lagu biasa nya kalian mengambil tema apa gan kenapa?
Tema yang diangkat pada Naturaleus adalah perpaduan nature, mistis dan dark imaginary forest, ketersesataan, hateness.. Naturaleus tidak satanism/antichrist.. walo kdg juga membawa beberapa lagu Mayhem sbg cover.

6.ceritakan sedikit tentang fews narutaleus bagaimana terbentuk nya band tersebut?

sekali lagi Fews Naturaleus bukan sebuah band, seperti yg udah disebutkan, ini hanyalah semacam one side man project andaian dr black./gothic/ambient Un-Band experimetal yg keseluruhan proses kebetulan saya kerjakan sendiri dengan bantuan sample program seadanya. Project ini muncul karena kurang tersalurnya imaginary dalam band akibat sulitnya menemukan player untuk itu dari sisa-sisa peradaban scene di kota kami. Tidak ada alasan untuk mematikan kepuasan imajinasi bermusik karena sebuah ketergantungan terhadap individu lain. Tahun 2007 mengerjakan beberapa materi kotor, dan pada tahun 2008 mengeluarkan 7 materi kotor bertitel "i'm The sorrow" dan diperbaiki dengan menambahkan 2 materi baru.

7.bagaimana menurut kalian kondisi independent khusus nya wilayah metal di kota bengkulu?
Kondisi metal independent di kota bengkulu bisa dibilang sedang sekarat untuk saat ini, sangat berbeda dengan kondisi di tahun 1997-2005 dimana scene ini sempat memiliki massa yang cukup banyak, puluhan band metal cadas dan event/giggs yg masih terbilang banyak. Sekarang band metal/ extreme yang tersisa bisa dihitung dengan jari, massa yg entah hilang kemana, bahkan untuk membuat sebuah event/ gigs kolektifan masih melewati proses yang sulit dan lama.. selain itu demam / trend indie-pop yg tengah meracuni sebagian besar band pelajar dikota ini berdampak minimnya re-generasi band-band muda yang tertarik untuk eksis di scene metal..
8.apa band indipendent di kota bengkulu yang kalian gemari khusus nya ber genre metal?
Demondragon, menurut saya band ini cukup bagus menurut saya dan mungkin satu-satunya band pure black metal yg tersisa, bukan sekedar dari musiknya namun saya juga sependapat dengan cara pergerakan band-nya yang terus bergerak untuk maju di scene disini. band ini dimotori vokalisnya Niko Ferdinand, dibentuk pada awal tahun 2002 dengan musik fast black metal dan lirik anti zionism dan perang melawan kristenisasi. Band ini sempat mengeluarkan beberapa demo dan 1 lagu diantaranya hadir dalam kompilasi black metal sumatra.

9.apa yang kalian lakukan pada saar ini?
Saat ini saya kerja rutin dan dikala senggang tetap mengikuti perkembangan2 scene di sini bersama rekan lainnya..

10.bagaimana cara kalian dalam mempromosikan band ini dan lagiu kalian kecuali di facebook atau myspace?apakah cara itu sejauh ini berhasil?
Saya tidak begitu mempromosikan band Naturaleus kecuali sekedar menggunakannya ketika sharing atau ber-silaturahmi dengan rekan-rekan satu pergerakan di scene, selain itu Naturaleus belum memiliki demo sehingga belum begitu layak untuk dipromosikan secara terang-terangan.. Sedang untuk Fews Naturaleus, beberapa hasil karya (ato sampah buat sebagian pihak) sempat di upload untuk didengar melalui dunia maya seperti Multiply, dan juga disebarkan melalui beberapa link download,. Misi saya cuma agar 1 dari 99 orang yg mendengar dapat menyukai dan menghargai sampah tersebut, itu saja. Syukurlah ternyata ada juga beberapa diantara mereka yg merespon positif hasil karya tsb dan ada juga yang memasukkan link downloadnya kedalam blog mereka. Untuk area lokal sempat jg beberapa lagu menjadi sample review di radio lokal. Saya sendiri tidak begitu tau apakah ini bentuk keberhasilan atau tidaknya dalam mempromosikan hal tsb tapi itu bukan tujuan utama.,
11.terimakasih atas waktu nya?semoga kalian sukses dan eksis di wilayah genre metal yang cukup kasar ini?
oke brader Araka, sama2 thanks juga atas interviewnya.. moga sukses buat media zine/newsletter-nya dan salam buat rekan-rekan disana... FLESRUOY TI OD... Regards...!!!

12. oia lupa apa tidak ada niat untuk manggung di sini utuk memekak kan gan menghancur kan norma di sini?
hehe.. kalo Fews Naturaleus ga bakal pernah tampil di stage bro, kalo untuk Naturaleus sendiri tentu saja, kita masih punya keinginan dan harapan untuk bisa ikut andil menghancurkan telinga massa disana ato kota lainnya...

c/o Ferry Fews
Kp.Jawa RT.5 No.31 Ps.Melintang - Bengkulu 38115

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DISTRIBUTOR KITA DI MALAYSIA

DISTRIBUTOR KITA DI MALAYSIA